gangsar79

Autodidact Learning Zone

Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us
Kamis, 24 Desember 2009

Virus Komputer

Diposting oleh Gangsar79

Huff confused keasyikan belajar ngeblog jadi agak males buat postingan,tapi malam ini akan ku usahain buat postingan deh!!cool.Sejenak ku berpikir mo buat postingan tentang apa ya???.Akhirnya aku putuskan buat postingan tentang virus komputer yang mungkin bagi temen2 yang baru belajar komputer masih bingung virus komputer itu apa sih??.

seperti aku dulu yang baru belajar komputer aku selalu bertanya dalam hati apakah virus komputer itu sama dengan virus biologis yang biasa menyerang manusia ya???.Ternyata virus komputer itu dapat juga dianalogikan dengan virus yang menyerang manusia dengan caara menyisipkan dirinya ke sel makhluk hidup sama seperti virus komputer yang dapat menyalin atau menggandakan dirinya dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen yang lain.Virus komputer dapat membuat pengguna komputer merasa terganggu karena tujuan virus adalah:mencuri data,menghapus file,menghilangkan fungsi tertentu dalam komputer atau mengambil alih kontrol dalam komputer.
Adapun cara kerja dari virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak(software)dan dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer dengan cara memuat program yang memaksa over proses ke perangkat tertentu semisal:VGA,Memory,bahkan prosesor terutama pada system operasi seperti windows maupun linux.
Adapun jenis-jenis virus komputer ada bermacam-macam antara lain:

Worm
Merupakan program yang secara diam-diam menginstallkan dirinya kedalam komputer ketika pengguna sedang membuka halaman diinternet.

Trojan
Merupakan program yang menginjeksikan dirinya pada program baik2,yang mengakibatkan program tsb aktif di memory ketika program utama tsb dijalankan oleh penggguna.

Spyware dan Malware
Merupakan program yang didesain untuk menjejali komputer pengguna dengan promosi yang menggangggu.
Setelah kita tahu apa itu virus komputer kemudian cara kerjanya bagaimana dan berbagai macam jenis virus tentu saja ada cara mengatasi virus komputer yaitu dengan menggunakan perangkat lunak(software)yang dinamakan Anti VIrus.Program ini dapat mendeteksi dan menghapus virus komputer.Contoh anti virus yang dapat diandalkan untuk menangkal virus antara lain adalah:
Kaspersky, Panda, Sophos, Symantec, Bit Defender, Ansav, SmadAV, AVG, AntiVir, PCMAV, Norton, Norman, McAfee, dan lain sebagainya.

Tentu saja agar komputer tetap aman anti virus tsb harus selalu diupdate(diperbarui)karena virus juga selalu mengupdate virusnya agar tidak dideteksi oleh anti virus.
Cukup sekian dulu postingan dari saya semoga bisa memberi pencerahan mengenai virus komputer.


0 komentar:

Posting Komentar