gangsar79

Autodidact Learning Zone

Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us
Kamis, 31 Desember 2009

Mengembalikan task manager yang hilang

Diposkan oleh Gangsar79

Pada postingan sebelumnya pernah dibicarakan tentang masalah yang datang bila komputer kita terkena virus salah satu akibat yang ditimbulkan adalah virus bisa menghilangkan fungsi tertentu dalam komputer atau mengambil alih kontrol dalam komputer.Untuk lebih jelasnya bisa di baca di sini.Salah satu akibat yang sering terjadi dan akupun juga pernah mengalaminya bila komputer kita terjangkit virus adalah tidak berfungsinya task manager.


Task manager itu sendiri adalah tool yang berfungsi untuk melihat proses yang berjalan di windows.Kita biasa menggunakan Task Manager untuk memantau performa komputer atau menutup aplikasi yang not responding. Bila fungsi Task Manager dihilangkan oleh virus, kita tidak bisa lagi memantau segala aktivitas yang berjalan di komputer kita padahal mungkin saja virus itu sedang berjalan di komputer kita. Lalu, bagaimana cara mengembalikan fungsi Task Manager ?Salah satunya adalah dengan menggunakan program yang namanya Task manager Fix,bisa didownload di sini.Selain dengan menggunakan program ada cara alternatif lainnya yang aku dapatkan dari membaca di sebuah blog tetapi aku belum sempat mencobanya,caranya sebagai berikut:

1. Buka Start->Run atau tekan Win + R
2. Ketik “gpedit.msc” (tanpa tanda kutip) kemudian enter
3. Klik ganda User Configuration
4. Klik ganda Administrative Templates
5. Klik ganda System
6. Klik ganda Ctrl+Alt+Del Options
7. Klik ganda Remove Task Manager
8. Di sana tentunya akan terlihat bahwa statusnya Enabled, ganti statusnya menjadi Disabled agar Task Manager dapat dikembalikan fungsinya
9. Klik OK

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Read More......
Selasa, 29 Desember 2009

Kamus Inggris-Indonesia 2

Diposkan oleh Gangsar79

Kamus lagi-kamus lagi emang ga ada postingan yang lain!!lol.Hehe..jadi malu ma teman-teman nih!!.Tapi gak apa2 deh yang penting dah berusaha buat postingan kalo mau baca ya alhamdulillah kalo gak mau baca ya gak apa2.


Emang aku dah pernah posting Kamus Inggris-Indonesia tapi yang ini beda dari yang sebelumnya,ya..hitung2 buat perbandingan buat teman2.Kan lebih bagus punya kamus lebih dari satu karena kalo kita tidak menemukan arti dari kata yang kita cari dari kamus yang satu mungkin kita bisa menemukan dari kamus kita yang lainnya.OK..langsung saja teman2 kalo berminat mengunduhnya,lho..kok kaya buah aja diunduh!!maksudnya bisa mendownloadnya di sini

Read More......
Jumat, 25 Desember 2009

SpeedFan

Diposkan oleh Gangsar79

Bagi sobat-sobat yang ingin tahu berapa suhu komputer tanpa melihat dari bios atau chasing komputernya tidak dilengkapi aksesoris monitor untuk melihat suhu komputer kayaknya program ini layak dimiliki oleh sobat sekalian.


apalagi bagi yang gemar bermain game harus sering-sering mengecek suhu komputernya karena kalo sampai suhu komputer kita diatas 70 derajat celsius dan sobat-sobat tidak tahu maka suhu komputer yang panas itu lama-lama akan merusak hardware komputer itu,selain itu bila komputer kita suhunya berlebihan maka komputer kita tidak akan bisa bekerja secara optimal.Seyogyanya suhu komputer kita tidak lebih dari 40 derajat celsius.Nah!!kalo kita punya SpeedFan kita bisa memonitor suhu komputer kita.Jadi kalo sampai suhu komputer kita lebih dari40 derajat celsius maka kita bisa mengantisipasinya dengan menambah fan atau pendingin.Selain bisa memonitor suhu komputer secara keseluruhan SpeedFan juga bisa memonitor bagian2 hardware komputer antara lain:harddisk.VGA,CPU.Nah bagi yang belum punya program ini silahkan download di sini

Read More......

CC Cleaner

Diposkan oleh Gangsar79

Program gratis yang satu ini memang belum banyak yang tahu atau memakainya.Saya sudah menggunakannya sejak beberapa tahun yang lalu.Dengan tampilan yang sederhana ternyata program ini mempunyai banyak manfaat untuk merawat komputer.

Yang paling sering dipakai jasanya dari program ini adalah untuk membersihkan komputer.Bagi kita yang sering browser dan surfing diinternet seperti Internet Explorer,Mozilla,Opera,Google chrome,Safari atau yang sering meguninstall program tentunya akan meninggalkan registry files, temporary files,cookis,history,recent type, URLs yang lama2 akan menumpuk dan membuat komputer kita terasa berat.Nah!!tugas dari CC Cleaner lah untuk membersihkannya.Selain itu CC Cleaner juga bisa digunakan untuk memeriksa masalah pada registry dan sekaligus memperbaiki registry yang bermasalah tsb.Ada satu lagi kegunaan dari program ini yaitu berfungsi menguninstall atau membuang program seperti program add remove bawaan windows tapi CC Cleaner dia lebih seksama dalam membersihkan file2 yang tidak dibutuhkan oleh system. Jadi dengan menjalankan program ini secara rutin dapat dipastikan komputer kamu akan terasa lebih ringan dan bisa bekerja dengan optimal.Bagi yang belum punya programnya bisa didownload di sini

Read More......
Kamis, 24 Desember 2009

Virus Komputer

Diposkan oleh Gangsar79

Huff confused keasyikan belajar ngeblog jadi agak males buat postingan,tapi malam ini akan ku usahain buat postingan deh!!cool.Sejenak ku berpikir mo buat postingan tentang apa ya???.Akhirnya aku putuskan buat postingan tentang virus komputer yang mungkin bagi temen2 yang baru belajar komputer masih bingung virus komputer itu apa sih??.

seperti aku dulu yang baru belajar komputer aku selalu bertanya dalam hati apakah virus komputer itu sama dengan virus biologis yang biasa menyerang manusia ya???.Ternyata virus komputer itu dapat juga dianalogikan dengan virus yang menyerang manusia dengan caara menyisipkan dirinya ke sel makhluk hidup sama seperti virus komputer yang dapat menyalin atau menggandakan dirinya dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen yang lain.Virus komputer dapat membuat pengguna komputer merasa terganggu karena tujuan virus adalah:mencuri data,menghapus file,menghilangkan fungsi tertentu dalam komputer atau mengambil alih kontrol dalam komputer.
Adapun cara kerja dari virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak(software)dan dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer dengan cara memuat program yang memaksa over proses ke perangkat tertentu semisal:VGA,Memory,bahkan prosesor terutama pada system operasi seperti windows maupun linux.
Adapun jenis-jenis virus komputer ada bermacam-macam antara lain:

Worm
Merupakan program yang secara diam-diam menginstallkan dirinya kedalam komputer ketika pengguna sedang membuka halaman diinternet.

Trojan
Merupakan program yang menginjeksikan dirinya pada program baik2,yang mengakibatkan program tsb aktif di memory ketika program utama tsb dijalankan oleh penggguna.

Spyware dan Malware
Merupakan program yang didesain untuk menjejali komputer pengguna dengan promosi yang menggangggu.
Setelah kita tahu apa itu virus komputer kemudian cara kerjanya bagaimana dan berbagai macam jenis virus tentu saja ada cara mengatasi virus komputer yaitu dengan menggunakan perangkat lunak(software)yang dinamakan Anti VIrus.Program ini dapat mendeteksi dan menghapus virus komputer.Contoh anti virus yang dapat diandalkan untuk menangkal virus antara lain adalah:
Kaspersky, Panda, Sophos, Symantec, Bit Defender, Ansav, SmadAV, AVG, AntiVir, PCMAV, Norton, Norman, McAfee, dan lain sebagainya.

Tentu saja agar komputer tetap aman anti virus tsb harus selalu diupdate(diperbarui)karena virus juga selalu mengupdate virusnya agar tidak dideteksi oleh anti virus.
Cukup sekian dulu postingan dari saya semoga bisa memberi pencerahan mengenai virus komputer.


Read More......
Senin, 21 Desember 2009

Cara Membuat ID yahoo Messenger

Diposkan oleh Gangsar79

Beberapa hari yang lalu aku ditanya teman aku melalui IM(Intant Messaging) Yahoo Messenger(YM),kira2 pertanyaannya begini"Mas!!caranya buat ID Yahoo Messenger10 gimana?,kalo yang Yahoo Messenger9 aku dah bisa!!".Sejenak kuberpikir apa yang dimaksudkan temanku itu ,


lalu kuberkata dalam hati"mungkin temanku dulu waktu buat ID YM9 lewat webpage(halaman web) yahoo.com dengan tampilan yang lama".Karena sekarang tampilan homepage Yahoo sudah diperbarui yang mungkin bersamaan dengan digantinya program YM9 dengan YM10 mungkin temanku itu bingung atau lupa nama link tempat bikin ID YM.Melalui blog ini aku ingin jelaskan khusus buat temanku itu mudah2an dia membacanya atau teman2 lainnya yang belum tahu gimana caranya bikin ID YM.OK! langsung saja,sebenarnya mudah bikin ID YM caranya adalah:

PERTAMA
Ketik Yahoo.com bila teman2 ingin webpage yang terbuka memakai bahasa inggris atau ketik Yahoo.co.id bila teman2 ingin webpage yang terbuka memakai bahasa indonesia diinternet explorer atau mozilla lalu tekan "enter"

KEDUA
Setelah halaman web yahoo.com atau Yahoo.co.id tadi terbuka cari kata"sign up"untuk yang berbahasa inggris dan "daftar"untuk yang bahasa indonesia,kemudian klik kata tsb. Kalau di halaman web yahoo yang baru tempatnya dibawah kata"Web Search"atau "Cari Web".

KETIGA
Setelah itu akan muncul jendela untuk melakukan pendaftaran ID atau Email,perlu teman2 ketahui membuat ID Yahoo berarti teman2 nanti juga akan memiliki alamat Email

KEEMPAT
Isikan semua data teman2 dengan lengkap sesuai dengan permintaan,setelah semua terisi dengan lengkap dan benar kemudian klik tulisan"create My Account"untuk yang bebahasa inggris atau"BuatAccount Saya"untuk yang bahasa indonesia

KELIMA
Setelah itu akan mucul jendela dengan tulisan "Congratulation"berarti teman2 sudah berhasil membuat ID Yahoo baru dan sudah bisa dipakai untuk chating di YM atau menngunakan E-Mail.
Ngemeng2!! kok jadi kaya tukul aja.. ,teman2 udah tahu belum artinya E-Mail.Menurut pengertian saya maaf kalo keliru hehehe..

E-Mail singkatan dari Electronic Mail atau Surat Elektonik yang artinya sarana kirim mengirim surat melalui internet


Sekian dulu ya teman2 postingan aku kali ini mudah2an bermanfaat bagi kita semua.

Read More......
Sabtu, 19 Desember 2009

GOM Media Player

Diposkan oleh Gangsar79

Ini dia salah satu program media player favoritku selain windows media player dan winamp,selain sudah mendukung banyak format file video seperti:DAT,MPEG,DivX,XviD,WMV,ASF,AVI dan MOV.

Yang paling aku suka dari GOM Player adalahprogram ini juga bisa memutar file video dengan codec FLV,jadi kalo download video dari youtube atau situs2 web video sharing yang lainnya aku ga perlu mengubah filenya kedalam format video yang umum digunakan seperti AVI,MPEG,WMV.Selain FLV juga bisa memutar file dengan codec AC3,OGG,MP4dan H263.Yang lebih keren lagi program ini punya control panel yang dapat mengcapture video yang sedang anda putar,selain juga ada settingan untuk mengubah video,audio,subtitle dan control.GOM Player juga bisa diubah skinnya bila kamu bosan dengan skin defaultnya.Langsung saja bagi yang berminat,silahkan download disini download

Read More......
Jumat, 18 Desember 2009

MP3Gain

Diposkan oleh Gangsar79

Dulu waktu aku masih hobi download lagu mp3 di internet pasti sering menemukan lagu yang volume suaranya tidak sama,pasti sebel ya kan!!kalo pas ndengerinnya kadang suaranya keras kadang pelan.Mula2 kubiarkan saja koleksi mp3ku itu karena kalo pas dapet lagu bagus pasti sulit mencari lagi yang kwalitas suaranya bagus,maklumlah gratisan pikirku!!.Sampai pada akhirnya aku secara tidak sengaja membaca di salah satu blog,saya lupa nama blog itu!!kalo ingat pasti saya cantumkan disini.Pokoknya blog itu mengulas tentang komputer sama seperti blog ini hehe...Disitu dia menulis program yang namanya MP3Gain yaitu program yang bisa menganalisa file mp3 maksudnya program ini bisa memeriksa seberapa keraskah suara file mp3 tsb. Jadi beberapa file mp3 mungkin keras suaranya satu sama lain tidak sama.Selain menganalisa program ini juga bisa mengatur atau menyetel agar suara file mp3 yang tadinya tidak sama menjadi sama.Teman2 bisa langsung mencoba menginstall dengan mendownload programnya lebih dulu disini

Bagi yang belum ngerti caranya ikuti petunjuk berikut:
  1. Pertama setelah program terbuka seperti pada gambar diatas lalu add file atau folder yang memiliki volume yang terlalu pelan satu sama lain tidak sama dengan mengklik "add file"jika filenya cuma satu atau "add folder"jika file yang diubah banyak dan disimpan di folder
  2. Setelah file atau folder sudah masuk langkah selanjutnya adalah menentukan target volumenya berapa.Sebenarnya disitu sudah ditentukan target normalnya adalah 89 tapi juga bisa diubah.Yang penting jangan dibawah 89 karena biasanya kalo dibawah segitu mp3 file itu suaranya masih pelan
  3. Setelah target volume ditentukan selanjutnya kamu klik "Track Analysis"kemudian tunggu file progress berjalan sampai selesai disitu akan terlihat seberapa keraskah file mp3 kamu bisa dilihat ditab "volume"yang tiap file beda nilainya.
  4. Langkah terakhir adalah klik"Track Gain"dan tunggu file progress selesai dan sekarang lihat volumenya pasti sudah sama kalopun beda pasti kecil sekali bedanya

Sekarang tinggal check file mp3 yang sudah diubah dengan memutarnya di mp3 player favoritmu pasti sekarang volume suaranya sama rata hehe..selamat mencoba.









Read More......
Sabtu, 12 Desember 2009

Internet working offline

Diposkan oleh Gangsar79

Suatu kali waktu pulang dari kerja seperti biasa aku langsung menghidupkan komputerku,belum sempat akan ganti pakaian tiba-tiba Edward teman satu pabrik yang asalnya dari filipina memanggilku kekamarnya yang letaknya didepan kamarku.Dia minta untuk membetulkan komputernya yang tidak bisa loggin ke yahoo messenger.Dengan agak males karena badan lelah kudatang ke kamarnya dan melihat komputernya.

Setelah kucoba loggin kembali YMnya ternyata ada pesan dalam bahasa inggris yang kurang lebih artinya"tidak dapat loggin dikarenakan ada masalah pada koneksi internet".Kemudian aku coba buka internet explorernya ternyata "working offline".Mungkin dia dengan tidak sengaja mengubah settingan internetnya menjadi "work offline".kemudian aku kembalikan settingan internet tsb menjadi online melalui "tools"internet explorer.Setelah aku ganti settingannya lalu aku chek kembali YM temanku itu dan ternyata langsung bisa online lagi.Sebelumnya aku belum pernah mengalami kejadian seperti ini bahwa settingan offline juga berpengaruh bagi YM.Mungkin karena programnya butuh koneksi internet kali ya??.Buat pengalaman aja bagiku dan mungkin teman2 yang mengalami kejadian yang sama denganku.Seperti pepatah bilang "PENGALAMAN ADALAH GURU YANG TERBAIK".

Bagi teman2 yang belum ngerti caranya cukup mudah yaitu dengan mengeklik "tools"yang berada disebelah pojok kanan atas internet explorer lalu cari tulisan "work offline"

Kalau ingin mengaktifkan yang berarti internet teman2 menjadi offline cukup di klik sekali

saja dan kalau ingin mengembalikan seperti semula cukup klik sekali saja maka internet teman2

bisa online kembali.Sekian dulu postingan saya kali ini yang cuma sedikit semoga bisa bermanfaat.

Read More......

Kamus inggris-Indonesia

Diposkan oleh Gangsar79

Kamus selalu terinstall dalam komputerku,kala aku menemukan suatu kata dalam bahasa inggris yang tidak aku mengerti aku selalu mencarinya di kamus.Dan bagi yang sedang belajar komputer kamus sangat penting karena sebagian besar pemakai komputer di indonesia sebagian besar menggunakan OS(Operating System)berbahasa ingggris.

Bagi temen-temen yang belum melengkapi komputernya dengan program kamus bisa mencoba menggunakan program kamus buatan anak negeri sendiri dengan skin dan interface yang cukup mudah digunakan.Dan menurut pengalaman saya yang sudah lama menggunakan sebagian besar kata yang saya tidak tahu bisa saya temukan.Hebatnya lagi program ini tidak hanya bisa menterjemahkan dari bahasa inggris ke bahasa indonesia tetapi juga bisa sebaliknya.Bagi teman yang ingin mencobanya bisa didownload di sini download

Read More......
Kamis, 10 Desember 2009

CARA MEMPERCEPAT BOOTING WINDOWS

Diposkan oleh Gangsar79

Pernahkah teman-teman ketika membuka komputer untuk pertama kali terasa sangat lama sekali?.Hal ini salah satu sebabnya adalah kemungkinan banyaknya program yang terinstall di komputer menggunakan settingan quick launch yang ditunjukkan dengan adanya icon-icon disebelah pojok kanan bawah.Nah!!dengan mendisable atau menonaktifkan settingan tsb maka dapat dipastikan booting windows pertama akan menjadi lebih cepat.Caranya:



  1. Pertama buka program "run" di start menu atau dengan shortcut "windows logo+R,lalu ketikkan "msconfig"lalu tekan "enter"atau klik "ok"

  2. Setelah itu muncul jendela "System Configuration"lalu pilihlah tab"startup"setelah terbuka disitu akan terlihat program-program yang selalu muncul otomatis ketika membuka windows pertama kali yang ditandai dengan tanda centang

  3. Untuk mendisablenya hilangkan tanda centang program-program yang tidak anda butuhkan,kemudian klik apply lalu klik ok dan restartlah komputermu untuk mendapatkan efeknya

  4. Sedikit catatan sebaiknya program antivirus tidak ikut didisable agar komputer kamu tetap aman.

Read More......

cara membuat yahoo multi

Diposkan oleh Gangsar79

Pernah gak teman-teman chating di yahoo messenger dengan menggunakan lebih dari satu id?

Berikut ini akan saya tunjukkan bagaimana membuat yahoo messenger kita menjadi multi.Sebenarnya ada 2 cara yaitu cara yang pertama adalah dengan menggunakan program yang di namakan yahoo multi,bisa didapatkan dengan cara googling di internet.Kemudian cara yang kedua adalah dengan mengedit registry.Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka run ketikkan Regedit>>HKEY_CURRENT_USER>>SOFTWARE>>YAHOO>>PAGER>>TEST
  2. Pada tab sebelah kanan buat DWORD Value baru dengan cara klik kanan>>new>>DWORD Value>>ketik "plural" >>ok
  3. Pada "plural"klik 2 kali lalu ganti value data dari "0"menjadi "1"lalu klik ok
  4. Lalu tutup Regedit dan coba jalankan yahoo messengermu pasti sekarang sudah menjadi yahoo multi.

Adapun untuk temen yang pengen download program yahoo multi silahkan download di sini
download

Cara menginstallnya cukup mudah hanya dengan mengeklik program tsb 2 kali maka yahoo messenger anda akan menjadi yahoo multi

Read More......
Selasa, 17 November 2009

revo uninstaller

Diposkan oleh Gangsar79

Revo uninstaller adalah suatu program gratis yang berfungsi untuk meremove atau membuang suatu program yang terinstall di komputer kita.Jadi fungsinya seperti program Add Remove bawaan windows.

Kelebihan dari program
ini adalah mampu membersihkan file,folder ataupun registry keys yang ditinggalkan yang tidak bisa dilakukan oleh program Add Remove bawaan windows.Link untuk download revo uninstaller
download
Berikut ini adalah cara menggunakan revo uninstaller:

1. Pertama buka program revo uninstaller dengan cara klik 2 kali pada icon di desktop
2. Setelah terbuka kemudian pilih program yang akan di buang dengan cara klik 2 kali
3. Kemudian akan muncul pesan untuk memilih melanjutkan atau membatalkan,disini kita pilih"yes"untuk melanjutkan
4. Setelah itu masuk untuk memilih uninstall mode,disini sebaiknya kita memilih advanced mode karena program ini akan bekerja lebih menyeluruh dengan cara klik pada mode yang kita pilih lalu klik "next"
5. Setelah program menganalisa dan membuang program,selanjutnya masuk ke item atau file yang akan di buang.Pilih semua file untuk dibuang dengan mengklik "select all"lalu klik "delete"muncul pesan klik "yes"
6. Setelah semua file sudah terbuang klik"finish"
Program ini sangat dianjurkan kepada pengguna komputer yang senang mencoba-coba program.Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Read More......