gangsar79

Autodidact Learning Zone

Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us
Senin, 04 Januari 2010

Perbedaan Netbook dan Notebook

Diposting oleh Gangsar79

Sebagian besar orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya notebook.Komputer jinjing yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut.Sebagian orang lagi menamakannya dengan laptop,kata 'laptop' lebih sering digunakan karena diambil dari perilaku pengguna notebook, yang lebih suka meletakkan notebooknya di atas paha (memangku) daripada meletakkan di atas meja. Kata 'Lap' sendiri merupakan bahasa Inggris yang artinya 'pangkuan'.

Seiring dengan perkembangan notebook muncul produk baru lagi yang dinamakan netbook. tetapi mungkin banyak juga yang belum dengar istilah netbook atau mungkin banyak juga yang menyamakannya dengan notebook.Kalau dibaca sekilas memang sama cuma beda huruf "o" saja hehehe..biggrin.Sebenarnya antara notebook dengan netbook memiliki banyak perbedaan.Dan masing2 dari produk tsb mempunyai kelebihan dan kekurangan.Berikut ini beberapa perbedaan antara notebook dengan netbook:

LAYAR
Dilihat dari ukuran layarnya notebook mempunyai ukuran layar yang lebih besar daripada netbook.Kalau notebook ukuran layarnya berkisar antara 12 sampai 17 inci sedangkan netbook ukuran layarnya berkisar 7 sampai 10 inci.

KEYBOARD
Dilihat dari ukuran keyboardnya juga berbeda,netbook memiliki ukuran mini yaitu 80% dari ukuran normal keyboard,yang lebih kecil dibanding notebook sehingga kadangkala untuk mengetik kita kesulitan

CPU,RAM DAN HARDDISK
Netbook pada umumnya menggunakan Intel Celeron, Atom atau VIA Nano sebagai CPU yang memiliki arsitektur x86. Sebagian besar netbook hanya memiliki memori 1GB dan bahkan ada beberapa yang hanya 256MB.Bandingkan dengan notebook model terbaru sekarang ini rata2 sudah menggunakan CPU Core2duo dan memiliki RAM diatas 1GB.Sedangkan untukHarddisk, netbook biasanya berukuran tidak lebih dari 120GB sedangkan notebook rata2 diatas 160GB.Jadi artinya spesifikasi netbook lebih rendah daripada notebook.

OPTICAL DRIVE DAN TEKNOLOGI 3D
Netbook tidak mempunyai optical drive sedangkan Notebook memiliki optical drive.Selain itu nebook belum mendukung teknologi 3D atau graphic professional... sehingga tidak sangat cocok untuk mereka yg membutuhkan kinerja cepat dalam hal pengolahan grafis

KINERJA
Karena memiliki spesifikasi yang rendah tentu saja netbook memiliki kinerja yang lambat,Apabila kita menggunakan sebuah aplikasi email sekaligus membuka browser dengan beberapa tab saja netbook sudah mulai berkinerja lambat.Sedangkan notebook sudah cukup mumpuni untuk menjalankan aplikasi yang berat seperti photoshop.

HARGA
Ciri yang lain adalah harga, Netbook memiliki kisaran harga $250 hingga $500 atau lebih kurang 5 jutaan rupiah. Tetapi kita tidak dapat menemukan Notebook baru dengan harga di bawah $500.

Dari beberapa perbedaan diatas dapat disimpulkan bahwa Netbook sifatnya konsumtif...maksudnya cocok bagi kita-kita yang sifatnya konsumtif informasi, untuk buka-buka internet, e mail dan fungsinya sangatlah cocok untuk org yg sering berpergian dan menggunakan fasilitas internet di manapun.Sedangkan Notebook/laptop digunakan untuk keperluan yang lebih produktif daripada netbook, misalnya membuat content internet, atau hal-hal yang lebih berat lagi,bahkan untuk bermain game.


materi referensi:
Berbagai media

0 komentar:

Posting Komentar