gangsar79

Autodidact Learning Zone

Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us
Sabtu, 09 Januari 2010

Tips Membeli Laptop/Notebook

Diposting oleh Gangsar79

Di era modern sekarang ini kebutuhan informasi di masyarakat berkembang dengan cepat.Seiring dengan sudah banyak tersedianya layanan internet di masyarakat tentunya kebutuhan alat2 untuk mendapatkan informasi melalui internet juga berkembang sangat cepat.Salah satunya adalah laptop,yang sudah bukan barang langka lagi di masyarakat kita.

Bagi teman2 yang masih bingung atau awam di bidang komputer simaklah beberapa tips berikut:

SESUAIKAN DENGAN KEBUTUHAN
Maksudnya jika kita ingin membeli sebuah laptop,laptop yang kita beli itu nantinya untuk keperluan apa?apakah hanya untuk pekerjaan yang ringan2 seperti internetan,pekerjaan mengetik,sekedar untuk chating.Jika untuk pekerjaan ringan sebaiknya belilah laptop dengan sepesifikasi rendah sampai sedang seperti intel celeron atau AMD sempron.Jika dipakai untuk pekerjaan berat semisal pekerjaan grafis,untuk bermain game, atau untuk multimedia,sebaiknya belilah laptop dengan spesifikasi Prossesor Centrino duo atau Core2Duo RAM 2GB dengan graphic card ATI Radeon atau NVidia.Bagi yang senang koleksi film.mp3 maupun software sebaiknya pilihlah Harddisk dengan kapasitas besar misal 250GB atau 320GB.

KEUANGAN
Sesuaikan dana keuangan kita dengan laptop yang akan kita beli,maksudnya jika kita ingin membeli laptop dengan spesifikasi high end maka kita harus mempersiapkan dana minimal 8 juta dan jika menginginkan spesifikasi yang low end maka dana yang harus kita persiapkan minimal 4 juta sudah cukup.

TUNGGU KURS TURUN
Bagi yang tidak tergesa-gesa membeli laptop atau yang memiliki dana mepet sebaiknya tunggu sampai kurs dollar turun karena biasanya harga barang2 elektro seperti laptop mengikuti kurs dollar.Asumsinya jika kurs dollar turun maka harga laptop juga turun dan kurs naik maka harga laptoppun akan ikut melambung tinggi.

LIHAT REVIEW DI INTERNET
Agar kita lebih mantap dalam membeli laptop sebaiknya kita melihat-lihat dulu laptop yang akan kita beli diinternet,mulai dari harganya,spesifikasinya,dan merk apa yang akan kita pilih.Tetapkan beberapa pilihan sebagai cadangan,jangan lupa untuk mencatatnya di kertas karena ini nantinya bisa kita jadikan patokan harga saat membeli laptop nanti.Ada banyak sekali website untuk mereview laptop di internet misalnya newegg.com terus bhineka.com terus ada lagi cnet.com atau bisa cari sendiri di google.com dengan tag"review laptop".

AJAKLAH TEMAN YANG PAHAM KOMPUTER
khusus bagi teman yang masih awam komputer sebaiknya ajaklah teman yang paham betul mengenai komputer.Jangan sampai kita ditipu oleh oknum penjual yang tidak bertanggung jawab

GARANSI
Jika sudah sampai ditoko dan kita sudah mendapatkan laptop sesuai dengan catatan yang kita bawa,tanyakan juga apakah laptop yang akan kita beli itu bergaransi

TES KELENGKAPAN FISIK DAN FUNGSI
Yang tidak kalah penting saat kita sudah setuju dengan penjual untuk membeli laptop,cek terlebih dulu kelengkapan fisik dan fungsi.Pertama pastikan laptop yang kita beli itu berada dalam kardus yang masih tersegel,jangan mau kita di kasih barang yang segelnya sudah terbuka apalagi di kasih barang display atau pajangan.Kedua yang harus diperhatikan adalah pastikan laptop yang kita beli itu sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan mulai dari OS,CPU,RAM,HARDDISK,dan optical drivenya.

Cek Kelengkapan
Laptop seperti Baterai ,Charger,Tas,Kartu Garansi,Buku Manual,CD Software (jika ada) apakah sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan.

Tes Fisik Laptop apakah ada yang lecet, retak ,cat tergores, segel terbuka,Coba buka dan tutup CD Drive,laptop apak ah normal,tombol wireless, tombol On/Off dll.

Tes Fungsi. Hidupkan laptop dan coba fungsi dari masing kelengkapan misalnya,Charger jalan, Tes tombol, Tes CD writer,Tes software dan Hardware apakah sudah sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan.

Itulah sedikit tip dari saya mudah2an bisa berguna untuk teman2 akan membeli laptop.




0 komentar:

Posting Komentar